Sabtu, 12 November 2011

Plus Minus Internet (Face Book)

Wow, sebuah kata yang akrab di telinga, ya internet, alias dunia maya. Dunia maya akan tetapi layaknya dunia nyata!. Kita bisa cari teman atau menemukan teman lama dahulu di dunia nyata itulah namanya Face Book (FB), kita juga bisa jual-beli, kita juga bisa cari ilmu yang bermanfaat. Akan tetapi kita juga bisa berbuat syirik, bid'ah atau maksiat lainnya. Semua bisa!

Mubah

Interrnet labih khusus lagi FB, dia bid'ah koq, he he , tapi secara bahasa karena ia sebuah sarana (media), tetapi bukan bid'ah secara syariat yaitu sesuatu yang baru tentang tata cara, jumlah atau waktu tertentu dalam suatu ibadah.

Hukum asal sesuatu yang bukan urusan syariat alias perkara dunia pada asalnya boleh. Dalilnya: Firman Allah:

"DIA-lah Allah yang menjadikan segala yang ada di bumi untukmu dan Dia  berkehendak menuju langit, .." Albaqoroh:29
untukmu . dimanfaatkan . di bolehkan alias mubah.

Haram

FB atau internet lainnya, bisa jadi haram, baik sengaja maupun tidak sengaja, artinya niat awal  anda sangat menentukan, mau maksiat atau cari manfaat (akhirat tentu saja), mau yang mubah, halal atau yang haram. Atau ketika Iman turun bisa jadi anda tergoda bagi laki-laki dengan  wanita tentu saja, atau wanita yang punya target untuk maksiat, menjadikan sarana FB untuk maksiat.

FB beda dengan tv yang tak punya pilihan, FB ( Internet) punya pilihan ketika kit On Line tiba-tiba ada Wanita, ngajak Chatting, dengan salam pembuka, hai kenalan dunk atau kalimat lain yang menggoda, dari situ pilihan ada di tangan kita, mau maksiat atau membolikir ajakan chatting yang menggoda tersebut. Atau ketika mencari teman, kita melihat fotonya dahulu cantik apa tidak/ ganteng apa tidak untuk di jadikan pertimbangan di add jadi temenan. KARENANYA BAGI SAHABAT YANG MASIH MEMASANG FOTO/GAMBAR HEWAN DAN ATAU MANUSIA AGAR DI GANTI DENGAN BENDA MATI SAJA, KARENA FITNAHNYA YANG SANGAT BESAR!!, DEMIKIAN JUGA HAPUS YANG TERDAPAT DALAM ALBUM FOTO.

Jaga Pandangan

Menurut Allah kita jangan kata memandang, perintahnya adalah menahan (baca an-Nuur :30-31), artinya mencegah!!.
Dan fitnah bagi lelaki adalah fitnahnya wanita .HR>Muttafaq 'Alaihi.

Merasa di Awasi oleh Allah
" Dan ketahuilah bahwasannya Allah mengetahui apa yang ada dalam hati mu, maka takutlah kepada-Nya (Al-Baqoroh:235)

Manfaatkan

"Manfaatkanlah lima perkara sebelum datang lima perkara yang lainnya: masa muda mu sebelum tua mu, sehatmu sebelum sakitmu, kaya mu sebelum miskinmu, waktu kosongmu sebelum kesibukkanmu, dan hidupmu sebelum matimu":. HR.Hakim dan di Sahkan oleh al-Albany.

Banyak sekali situs, komunitas atau grup untuk menuai pahala dengan menuntut ilmu, misal kajian.net, muslimah.or.id, muslim.or.id, moslem channel, pengusaha muslim, al-manhaj, dll. Di Komunitas ada Komunitas Anti Bid'ah, juga grup ,ada forum Berbagi Ilmu, dan lainnya.

Penutup:

Hindari bikin status / note atau komentar yang tak bermanfaat misal, keluhan , rengeken, umpatan, provokasi, mengolok-olok ayat Quran atau hadits, banyak tanya yang tidak perlu!.Diam lebih baik jika tak berilmu.

" Diantara kesempurnaan ( kebaikan) Islam seseorang adalah meninggalkan sesuatu yang tidak berguna bagi dirinya." (HR>Ibnu Majah: 3976, at-Tirmidzi :2317 dan di shahihkan al-Albany)

"Wahai Orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah di perbuatnya  untuk hari esok (akhirat) dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan" ( al-Hasyr:18).

Sudahkah FB/ internet antum jadikan untuk bekal hari akhirat?

Cikarang Barat 20 Dzulhijjah/ 1 Desember 2010 Jam 02.19 WIB,
Tholibul Ilm,


Abu Hada Sukpandiar Ibnu Muhammad Idris
http://www.facebook.com/note.php?note_id=174541852574698

Tidak ada komentar:

Posting Komentar